MMM's "Everything is Possible"

… … … life trail of a wanderer

Kota Bogor

Saya memulakan perjalanan wisata ke Kota Bogor dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan.  Di Pasar Minggu saya menaiki kereta api listrik.  Perjalanan yang hemat, sambil menikmati pemandangan perkampungan sepanjang perjalanan itu.

Kota Bogor

Stasiun kereta api Pasar Minggu

Kota Bogor

Satu dari stasiun kereta api dalam perjalanan ke Bogor.

Kota Bogor.

Kota Bogor, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 54 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor.  Luasnya 21,56 km², dan jumlah penduduknya 834.000 jiwa.  Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan.  Pada masa kolonial Belanda Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tenteram”).

Kota Bogor

Monumen Kujang, Bogor.  Puncak monumen melambangkan senjata tradisional Bogor “Sang Kujang”.

Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran. 

Bogor (berarti “enau”) telah amat terkenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai-balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.

Kota Bogor

Bangunan gereja yang bersejarah.

Kota Bogor

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bogor.

Kedudukan geografi Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya yang dekat dengan ibukota negara, Jakarta, membuatnya strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi. Kebun Raya dan Istana Bogor merupakan tujuan wisata yang menarik. Kedudukan Bogor di antara jalur tujuan Puncak/Cianjur juga merupakan potensi strategis bagi pertumbuhan ekonomi.

Kota Bogor

Sebagian dari Kota Bogor.

Kota Bogor

Angkotan siap membawa anda ke destinasi. ” Mau kemana Pak, Ciliwung, Cimanggis?”

Beberapa tempat menarik di Kota Bogor, di antaranya adalah:

 

Istana Bogor. 

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan fauna yang menonjol. Salah satunya adalah adanya rusa-rusa yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

Kota Bogor

Institut Pertanian Bogor yang terkenal

 

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University) adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.  IPB adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang secara historis merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai telah pada awal abad ke-20 di Bogor.  Sebelum Perang Dunia II, lembaga-lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama Middelbare Landbouw School, Middelbare Bosbouw School dan Nederlandsch Indiche Veeartsen SchoolIPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963.

Dramaga.

Dramaga terletak di bagian barat dari kota, sekitar 12 Km dari pusat Kota Bogor. Wilayah Dramaga merupakan sentra pruduksi manisan basah dan kering, baik itu dari buah-buahan seumpama pala, mangga, jambu batu, kemang, pepaya, kweni, salak, kedondong, atau caruluk maupun dari bahan sayuran seperti wortel, labu siam, pare, lobak, bligo, serta ubi jalar).

Kota Bogor

Kota Bogor juga banyak Factory Outlet (FO) dari pakaian hingga barangan dari kulit.  Tapi yang tak terlepas dari pandangan ialah untuk menjamu selera dengan Es Cendol.

Kota Bogor

Kebun Raya Bogor. 

Ketika VOC bangkrut pada awal abad kesembilan belas, wilayah nusantara dikuasai oleh Inggris di bawah kepemimpinan Gubernur Jendral Thomas Rafless yang merenovasi Istana Bogor dan membangun tanah di sekitarnya menjadi Kebun Raya (Botanical Garden). Di bawah Rafless, Bogor juga ditata menjadi tempat peristirahatan yang dikenal dengan nama Buitenzoorg yang diambil dari nama salah satu spesies palem. 

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun penelitian besar yang luasnya mencapai 80 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata.  Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan IPB.

Kota Bogor

‘Eh, Ibu udah mahu pulang?’

Taman Topi

Awalnya Taman Topi bernama Taman Kebon Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini berubah fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Terminal tersebut kemudian direnovasi menjadi Taman Topi yang mengusung konsep Bangunan berbentuk Topi, merupakan salah satu alternatif tempat berwisata.

Kota Bogor

Stasiun kereta api Bogor yang penuh sejarah.

Stasiun Bogor. 

Stasiun Bogor adalah stasiun kereta api di Kota Bogor, Indonesia yang dibangun pada tahun 1881.  Di stasiun Bogor ditemukan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani komuter kawasan Jabodetabek.  Selain itu dapat ditemukan Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor. Stasiun ini disibukkan oleh komuter dari Bogor menuju ke Depok dan Jakarta maupun dari Sukabumi.

Kota Bogor

Ketika perjalanan pulang terlihat Seniman Tua ini menggesek violin lagu ‘Bengawan Solo’.  Alangkah syahdu dan indah melodinya.

 

 

 

Kota Bogor 
mamadou.

14 responses to “Kota Bogor

  1. fatimah nur August 2, 2011 at 12:23 am

    mau jalan2 tapi kok ya pas bulan ramadhan..

  2. fatimah nur August 2, 2011 at 12:23 am

    mau jalan2 tapi koq ya puasa, pas bulan ramadhan..

  3. mamadou November 6, 2009 at 8:50 am

    Selamat bertemu Nick dilaman blog saya
    Terima kasih kerna sudi memberi komentar anda di lama ini juga ianya membangkitkan nostalagia anda untuk berkunjung ke tempat-tempat menarik yang sudah lama kita tidak kunjungi.

    Terima kasih

  4. NICK FERNANDOS November 5, 2009 at 6:24 pm

    gw udH k’ bogoR ,tapi beLum jalani s’mua makLum k’ bogoR hanya seBentaR karena ada uRusan keBetuLan abang sy dokter dia & keLuaRganya tinggaL disan a’kalo sy dr pekanbaRu RIAU,skRg berdomisiLi d’ JakaRta tempat keLahiRan sy .tapi blog ini mengingatkan lg sy rencana sy dulu2 buat jalan2 k’ lokasio2 menaRik & ikon d’ kota bogoR kyk d’ jakaRta monas,di bandung gedung saTenya dll.thak’s …. ^_^

  5. Chrisfella November 16, 2008 at 6:42 pm

    hauhauhauahauhauahauah

    ternyata ga jadi ke bogor study tour bareng temen-temen sdnya

    padahal aku pengen ke bogor…

    ooowwwwhhhh

    yha gapapa lha,,mungkin lain kali aku akan ke bogor….

    semoga kita ketemu yha disana???

    kalo mau nanya,,,

    di bogor ada apa sajah??

  6. mamadou August 27, 2008 at 4:36 pm

    Salam Estri

    Memang benar angkotnya membuat kita rasa kurang enak begitu juga motor-motor yang banyak dijalanan. Udah sepertinya di Jakarta juga. Namun kehidupan di Bogor lebih nyaman dari Jakarta.

    Terima kasih atas kunjungan anda. Kunjungi lagi ya

  7. estri August 27, 2008 at 3:23 pm

    Wah …kota bogor memang tenang, tapi angkotnya nyebelin….yang bawa motor jadi raja di sana….trend belanjanya beda pisan sama Bandung. Boleh juga tinggal di sini ya ???

  8. mamadou June 8, 2008 at 10:00 am

    Chrisfella.

    Thanks for your visit and comments. Welcome back

  9. Chrisfella June 8, 2008 at 5:54 am

    Iam coming BOGORRRRRRRRRRRRRTunggu aku disanaaaaaaaaa

  10. Chrisfella June 8, 2008 at 5:53 am

    BOGORRRRRRRRR……………………………………..Aku rindu kota hujan ini………………………….Sudah lama ga kesituuuuuuuuuuuu tapi untungnya aku esok akan studytour bareng temen2 ke BOGORRRRRRRRR u/acara perpisahan SD

  11. mamadou May 29, 2008 at 9:13 pm

    Assalamu’alaikum Ummi

    Harusnya begitulah dalam perjalanan, maka lebih banyak yang akan kita terlihat. Kekadang kita alpa, maka syukur jika kita terkenang kembali moga perjalanan mendatang akan menjadi lebih baik, lebih bermakna. Tetapi jangan juga lupa peluang seperti itu tidak sering datang ya Ummi.

    Terima kasih

  12. ummi May 29, 2008 at 4:12 pm

    masih teringat lagi waktu naik kereta ke BOGOR….rasa bertuah sangat sebab saya dapat umpama imbas kembali di waktu susah kita dulu2…sebelum kita kecapi kesenangan hari ini…dan sesiapa yg belum pernah naik kereta di bogor tu bolehlah cuba…nyak nyesal guek jamin…

  13. mamadou May 27, 2008 at 7:36 pm

    Assalamu’alaikum

    Ooh bisa, itu gampang aja mbak Jane. Bisa diatur

  14. i am jane May 25, 2008 at 7:21 am

    bapak, kalau nanti aku ke indonesia lagi wisata, tunjukkan jalan ya, mau tipe wisata cool bisa kan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: